(Sumber : mssader.com)

Mengenal Para Perawi dan Penghafal Al-Qur'an (Bagian Dua)

Daras Tafsir

Abu ‘Ubaid dalam karyanya yang berjudul Kitab al-Qira’at menyebut sahabat-sahabat Nabi SAW yang tergolong al-Qurra’. Dari kalangan Muhajirin, beliau menyebut 15 nama, yakni Abu Bakar al-Shiddiq, ‘Umar b. al-Khaththab, ‘Utsman b. ‘Affan, ‘Ali bin Abi Thalib, Thalhah, Sa‘d, Ibn Mas‘ud, Hudzaifah, Salim, Abu Hurairah, ‘Abd Allah b. al-Sa’ib, al-‘Ubadalah, ‘Aisyah, Hafshah dan Ummu Salamah. Sementara dari kalangan Anshar, beliau menyebut lima nama, yakni ‘Ubadah b. al-Shamit, Mu‘adz yang ber-kunyah Abu Halimah, Mujamma‘ b. Jariyah, Fadhalah b. ‘Ubaid dan Maslamah b. Makhlad. Tetapi beliau menegaskan lebih lanjut bahwa sebagian dari mereka itu baru menyempurnakan hafalan Al-Qur’annya pasca Nabi SAW intaqala ila al-Rafiq al-A‘la. Adapun para sahabat yang masyhur dikenal sebagai para pengajar Al-Qur’an (al-musytahirun bi iqra’ al-Qur’an), ada tujuh yaitu ‘Utsman, ‘Ali, Ubay, Zaid b. Tsabit, Ibn Mas‘ud, Abu al-Darda’ dan Abu Musa al-Asy‘ari, sebagaimana disebut oleh al-Dzahabi dalam Thabaqat al-Qurra’-nya.

  

Nah pada kesempatan kali ini, mari mengenal lebih dekat para sahabat al-musytahirun bi iqra’ al-Qur’an tersebut. Semoga kita memperoleh curahan rahmat dan keberkahannya. Allahuma Amin.

  

‘Utsman b. ‘Affan

  

Nama lengkap beliau adalah ‘Utsman b. ‘Affan b. Abi al-‘Ash b. Umayyah b. ‘Abd Syams b. ‘Abd Manaf b. Qushay, Abu ‘Abd Allah dan Abu ‘Amr al-Qurasyi al-Umawiy. Dengan demikian, nasab beliau bersambung dengan Nabi SAW di Eyang Wareng beliau, ‘Abd Manaf. Beliau termasuk al-Sabiqun al-Awwalun dan berhasil mengkhatamkan Al-Qur’an pada masa Nabi SAW. Di antara gelar kehormatan yang beliau sandang ialah Dzur al-Nurain (pemilik dua cahaya), karena beliau menikahi dua putri Nabi SAW, yakni Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

  

Terkait perangai Sayyidina ‘Utsman, Ibn al-Jazari menyebutkan bahwa tinggi beliau proporsional (mu‘tadil al-thul), jenggotnya tebal, bahunya lebar (bidang), kulitnya coklat kekuning-kuningan dan tampan. Lebih lanjut, beliau enam tahun lebih muda dari Nabi SAW. Cerita tentang detik-detik wafatnya begitu masyhur, yang terjadi di hari Rabu—menurut pendapat lain hari Jum‘at—ba‘da Ashar, 18 Dzul Hijjah 35 H, di usia 82 tahun.

  

Di antara tokoh-tokoh terkenal yang mengaji Al-Qur’an kepada Sayyidina ‘Utsman adalah al-Mughirah b. Syihab al-Makhzumi, Abu ‘Abd al-Rahman al-Sulami, Zurr b. Hubaisy dan Abu al-Aswa al-Du’ali. Sedangkan para perawi yang meriwayatkan hadis dari beliau, cukup banyak, di antaranya Aban, ‘Amr, Sa‘id (ketiganya adalah putra beliau), Humran b. Aban, Ibn ‘Abbas, ‘Abd Allah b. ‘Umar b. al-Khaththab, Anas b. Malik, al-Sa’ib b. Yazid, Abu Umamah b. Sahl, Abu ‘Abd al-Rahman al-Sulami, al-Ahnaf b. Qays, Thariq b. Syihah dan lain-lain.

  

‘Ali b. Abi Thalib

  

Beliau adalah ‘Ali b. Abi Thalib b. ‘Abd al-Muththalib b. Hasyim, Abu al-Hasan, sepupu dan menantu Nabi SAW. Sama seperti Sayyidina ‘Utsman, beliau juga termasuk al-Sabiqun al-Awwalun. Terkait gelar al-Qurra’ yang disandangnya, Abu ‘Abd al-Rahman al-Sulami berkata, “Saya tidak pernah melihat seorang putra (Ibn al-Untsa) yang lebih pandai membaca Kitab Allah Ta‘ala (Al-Qur’an) daripada ‘Ali.” Beliau, Sayyidina ‘Ali, menghafalkan Al-Qur’an sejak masa Nabi SAW. Namun, para ulama berbeda pendapat terkait waktu selesainya hafalan beliau, apakah saat Nabi SAW masih hidup atau pasca intaqala ila al-Rafiq al-A‘la. al-Sya‘bi misalnya, cenderung berpendapat yang terakhir disebutkan, tetapi pendapatnya itu segera ditepis oleh Abu Bakar b. ‘Ayyasy, “Salahlah orang yang berpendapat demikian.”

Baca Juga : Sejarah, Bentuk dan Makna Keris Bagi Masyarakat Jawa

  

Di antara tokoh dari kalangan Tabi‘in yang menghafalkan Al-Qur’an di hadapan Sayyidina ‘Ali adalah Abu ‘Abd al-Rahman al-Sulami, Abu al-Aswad al-Du’ali dan ‘Abd al-Rahman b. Abi Layla. Umat Islam bersepakat bahwa beliau dibunuh oleh ‘Abd al-Rahman b. Muljam di pagi hari, 17 Ramadhan 40 H di Kufah, di usainya yang ke-85—informasi yang disebut terakhir ini disampaikan oleh putranya, al-Husein.

  

Ubay b. Ka‘ab

  

Nama lengkap beliau adalah Ubay b. Ka‘ab b. Qays b. ‘Ubaid b. Zaid b. Mu‘awiyah b. ‘Amr b. Malik b. al-Najjar, Abu al-Mundzir al-Anshari al-Madani. Sebelum masuk Islam, beliau termasuk salah satu pendeta Yahudi yang banyak membaca kitab-kitab terdahulu dan termasuk segilintir orang yang pandai membaca dan menulis di waktu itu—sebagaimana yang kita ketahui, kemampuan baca-tulis saat itu jarang dikuasi oleh orang-orang Arab karena budaya mereka sangat mengandalkan hafalan. Saat masuk Islam, beliau diangkat oleh Nabi SAW sebagai salah satu sahabat yang bertugas mencatat wahyu (min kuttab al-wahyi).

  

Sayyidina Ubay bergelar Sayyid al-Qurra’, bahkan Ibn al-Jazari menambahkan bahwa beliaulah Aqra’u hadzihi al-ummah ‘ala al-ithlaq. Beliau menghafalkan Al-Qur’an dan berhasil mengkhatamkannya di masa Nabi SAW. Tidak hanya itu, pada beberapa kesempatan, Nabipun membacakan beberapa ayat/surah kepadanya sebagai bentuk bimbingan dan pengajaran. Kepakarannya di bidang pengajaran Al-Qur’an tak diragukan lagi, terbukti dari Sabda Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari (telah kita bahas pada kesempatan sebelumnya, sila rujuk ke sana).

  

Oleh karenanya, tidak heran bila murid-murid Sayyidina Ubay tidak hanya dari kalangan Tabi‘in, tetapi banyak pula dari kalangan Sahabat sendiri, seperti ‘Abd Allah b. ‘Abbas, Abu Hurairah, ‘Abd Allah b. al-Sa’ib. Sementara murid beliau dari kalangan Tabi‘in, seperti ‘Abd Allah b. ‘Ayyasy b. Abi Rabi‘ah , Abu ‘Abd al-Rahman al-Sulami dan Abu al-‘Aliyah. Meski para ulama sepakat bahwa beliau wafat di Madinah pada masa kekhalifahan Sayyidina ‘Utsman b. ‘Affan, tetapi mereka berbeda pendapat terkait tahunnya; 19, 20, 23, 30, 32, 33 dan 35 H. 

  

Zaid b. Tsabit

  

Nama lengkap beliau adalah Zaid b. Tsabit b. al-Dhahhak b. Zaid b. Lawdzan b. ‘Amr b. ‘Abd b. ‘Auf b. Ghanam b. Malik b. al-Najjar, Abu Kharijah dan Abu Sa‘id al-Anshari al-Khazraji. Sama seperti Sayyidina Ubay, beliau juga termasuk Kuttab al-Wahyi (para pencatat wahyu). Meski dilahirkan di Madinah, tetapi beliau tumbuh besar di Makkah. Saat Nabi SAW hijrah ke Madinah, beliaupun turut menyertainya yang waktu masih berumur 11 tahun.

  

Baca Juga : Gugur Gunung Untuk Makam Keramat

Kecerdasan Sayyidina Zaid diakui secara luas oleh para sahabat. Bahkan itu pula yang mengilhami Sayyidina Abu Bakar dan Sayyidina ‘Umar untuk menunjuknya sebagai ketua kodifikasi Al-Qur’an pada masa kekhalifahan Sayyidina Abu Bakar. Demikian pula kodifikasi Al-Qur’an yang dilakukan pada masa Sayyidina ‘Utsman, beliau bersama tiga sahabat yang lain—yakni ‘Abd Allah b. al-Zubair, Sa‘id b. al-‘Ash dan ‘Abd al-Rahman b. al-Harits b. Hisyam—terpilih sebagai komite yang merealisasikan tugas tersebut.

  

Di antara Sahabat dan Tabi‘in yang belajar Al-Qur’an kepada beliau adalah Abu Hurairah, ‘Abd Allah b. ‘Abbas, ‘Abd Allah b. ‘Umar, Abu Sa‘id al-Khudriy, Anas b. Malik, Sahl b. Sa‘d, Abu Umamah b. Sahl, Marwan b. al-Hakam, Sa‘id b. al-Musayyab dan Aban b. ‘Utsman. Menurut pendapat yang sahih, beliau wafat pada tahun 45 H di usianya yang ke-54 tahun dan dimakamkan di Baqi‘.

  

‘Abd Allah b. Mas‘ud

  

Nama lengkap beliau adalah ‘Abd Allah b. Mas‘ud b. al-Harits b. Ghafil b. Habib b. Syamukh b. Far b. Makhzum b. Shahilah b. Kahil b. al-Harits b. Tamim b. Sa‘d b. Hudzail b. Mudrikah b. Ilyas b. Mudhar, ‘Abu ‘Abd al-Rahman al-Hudzali al-Makki. Beliau termasuk al-Sabiqun al-Awwalun dan pembantu Nabi SAW. Beliaulah yang menyiapkan tempat tidur, siwak, sandal dan air yang hendak digunakan bersuci oleh Nabi SAW.

  

Meskipun postur tubuh Sayyidina Ibn Mas‘ud cenderung pendek dan kurus, tetapi tidak ada yang meragukan kepakarannya di bidang pengajaran Al-Qur’an, sebagaimana ditegaskan oleh Nabi SAW (sila rujuk pembahasan lalu). Beliau menghafalkan Al-Qur’an secara sempurna di masa Nabi SAW. Tidak hanya itu, beliaulah sahabat pertama yang membaca Al-Qur’an dengan suara lantang di Makkah—sebelum Nabi hijrah ke Madinah. Bacaan Al-Qur’an beliau begitu merdu, sangat tahqiq dan tartil. Tidak heran bila Nabi SAW pernah memintanya untuk membaca Al-Qur’an, sementara Nabi menyimaknya, sebagaimana yang tertera dalam riwayat yang masyhur itu.

  

Di antara Tabi‘in yang belajar Al-Qur’an kepada beliau adalah ‘Alqamah b. Qays, al-Aswad b. Yazid al-Nakha‘i, Masruq b. al-Ajda‘, ‘Ubaidah al-Salmani, Abu ‘Abd al-Rahman al-Sulami, Tamim b. Hadzlam, al-Harits b. Qays, Zurr b. Hubaisy, ‘Ubaid b. Qays, ‘Ubaid b. Nadhlah, ‘Amr b. Syurahbil Abu ‘Umar al-Syaibani dan Zaid b. Wahab. Beliau wafat di Madinah tahun 32 H, di usianya yang ke-60 sekian tahun, dan dimakamkan di Baqi‘.

  

Abu al-Darda’

  

Nama asli dan lengkap beliau adalah ‘Uwaimir b. Zaid—ada tiga pendapat lain terkait nama ayahnya, yakni ‘Abd Allah, Ta‘labah dan ‘Amir—b. Ghanam, Abu al-Darda’ al-Anshari al-Khazraji. Beliau bergelar Hakim al-Ummah dan tidak ada satupun ulama yang meragukan bahwa beliau termasuk sahabat yang berhasil menghafal Al-Qur’an pada masa Nabi. Di antara Tabi‘in yang belajar Al-Qur’an kepada beliau adalah ‘Abd Allah b. ‘Amir al-Yahshubi, Khulaid b. Sa‘d, Rasyid b. Sa‘d dan Khalid b. Ma‘dan. Di samping itu, banyak pula sahabat yang meriwayatkan hadis dari beliau, seperti Anas b. Malik, Ibn ‘Abbas, Abu Umamah dan ‘Abd Allah b. ‘Amr b. al-‘Ash.

Baca Juga : Jilbab dan Kesempatan Pekerjaan

  

Sayyidina Abu al-Darda’ memiliki kedudukan terhormat, baik dari kalangan Sahabat maupun Tabi‘in. Hal ini terlihat jelas dalam ungkapan-ungkapan mereka, antara lain sebagai berikut:

  

Abu Dzar berkata, “Khadhra’ (nama sebuah daerah) tidak mendapati orang yang lebih alim daripada engkau, wahai Abu al-Darda’.”

  

Masruq berkata, “Saya mendapati ilmu para Sahabat berujung pada enam orang, yaitu ‘Umar, ‘Ali, Ubay, Zaid, Abu al-Darda’ dan Ibn Mas‘ud.”

  

al-Laits, seorang Tabi‘in masyhur—dari seorang lelaki (anonim)—berkata, “Saya melihat Abu al-Darda’ masuk masjid Nabi SAW bersama para pengikutnya bagaikan seorang raja. Di antara mereka, ada yang bertanya tentang faridhah, ada yang bertanya tentang hisab, ada yang bertanya tentang hadis, ada yang bertanya tentang mudhallah dan ada pula yang bertanya tentang syair.”

  

Beliau wafat pada tahun 32 H.

  

Abu Musa al-Asy‘ari

  

Nama asli dan lengkap beliau adalah ‘Abd Allah b. Qays b. Salim b. Hadhar, Abu Musa al-Asy‘ari al-Yamani. Beliau menghafal Al-Qur’an dan berhasil mengkhatamkannya pada masa Nabi SAW. Meskipun masa mulazamah beliau dengan Nabi SAW tergolong pendek/singkat, akan tetapi beliau termasuk sahabat yang cerdas dan bersuara merdu. Terbukti, saat Nabi SAW mendengar beliau membaca Al-Qur’an, Nabi bersabda, “Sungguh orang ini dianugerahi satu mizmar dari sekian mizmar keluarga Dawud.”

  

Baca Juga : Antara Akhlak dan Jilbab

Di antara Tabi‘in yang belajar Al-Qur’an kepada beliau adalah Abu Raja’ al-‘Atharidi dan Hathan al-Raqasyi. Sementara itu, banyak pula Sahabat dan Tabi‘in yang meriwayatkan hadis dari beliau, seperti Buraidah b. al-Hushaib, Abu Umamah al-Bahili, Abu Sa‘id al-Khudriy, Anas b. Malik, Thariq b. Syihab, Sa‘id b. al-Musayyab, al-Aswad b. Yazid, dan lain-lain. Beliau wafat pada bulan Dzul Hijjah, 44 H.

  

Sumber Rujukan

  

Abi al-Khair Muhammad b. Muhammad b. Muhammad b. ‘Ali b. al-Jazari al-Dimasyqi al-Syafi‘i, Ghayat al-Nihayah fi Thabaqat al-Qurra’ (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2006), Vol. 1, 34-35, 269, 396, 409-410, 450, 483, 535.

  

Al-Sayyid Muhammad b. ‘Alwi al-Maliki al-Hasani, Zubdat al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an (Jeddah: Dar al-Syuruq, 1986), 28-29.

  

Jalal al-Din al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an (Kairo: Dar al-Salam, 2013), Vol. 1, 164, 195-197.

  

Khair al-Din al-Zirikli, al-A‘lam: Qamus Tarajim li Asyhar al-Rijal wa al-Nisa’ min al-‘Arab wa al-Musta‘ribin wa al-Mustasyriqin (Beirut: Dar al-‘Ilm li al-Malayin, 2002), Vol. 1, 82; Vol. 3, 57, Vol. 4, 210.

  

Muhammad Salim Muhaisin, Mu‘jam Huffazh al-Qur’an ‘Abr al-Tarikh (Beirut: Dar al-Jil, 1992), 18-20, 232-235, 253-256, 395-397, 422-424, 450-452, 570-573.

  

Shafwan ‘Adnan Dawudi, Zaid b. Tsabit: Katib al-Wahy wa Jami‘ al-Qur’an (Damaskus: Dar al-Qalam, 1999), 207.

  

Syams al-Din Abi ‘Abd Allah Muhammad b. Ahmad b. ‘Utsman al-Dzahabi, Ma‘rifat al-Qurra’ al-Kibar ‘ala al-Thabaqat wa al-A‘shar (Beirut: Mu’assasah al-Risalah, 1988), Vol. 1, 24-25, 25-28, 28-31, 32-36, 36-38, 39-40, 40-42.