(Sumber : Mainsheet.com)

Kaji Sembilan Variabel: Tajus Subqi Menjadi Doktor Ekonomi Syariah

Kelas Metode Penelitian

Oleh: Prof. Dr. Nur Syam, M.Si

  

Tajus Subqi, akhirnya memperoleh gelar doctor setelah mempertahankan disertasi yang berjudul “Pengaruh Ownership Structure, Capital Structure, Profitability, Corporate Growth, Corporate Governance, Earning Management dan Market Risk terhadap Corporate Value melalui Kebijakan Dividen dan Keputusan Investasi di Pasar Modal Syariah Indonesia”. Ujian promosi doctor atau ujian terbuka diselenggarakan pada Program Pascasarjana (PPs) UIN Sunan Ampel, pada tanggal 12 Agustus 2022.

  

Ujian Promosi doktor ini terselenggara dengan komposisi penguji sebagai berikut: Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A., Ph.D. (Ketua/Penguji), Dr. H. Iskandar Ritonga, M.Ag. (Sekretaris/Penguji), Prof. Dr. H. Nur Syam, M.Si. (Promotor/Penguji), Dr. Hj. Fatmah, ST., M.M. (Promotor/Penguji), Prof. Dr. H. Babun Suharto, S.E., M.M. (Penguji Utama), Dr. Sirajul Arifin, S.Ag., S.S., M.E.I. (Penguji), Drs. H. Nur Kholis, M.Ed, Admin, Ph.D. (Penguji).

  

Di dalam karya disertasinya, didapatkan ringkasan penelitian sebagai berikut: Inkonsistensi teori tentang pengaruh langsung dan jarangnya penelitian terkait pengaruh hubungan variabel ownership structure (OS), capital structure (CS), profitability (P), corporate growth (CG), corporate governance (CGo), earning management (EM) dan market risk (MR) terhadap variabel corporate value (CV) yang dimediasi oleh variabel kebijakan dividen (KD) dan keputusan investasi (KI) di Pasar Modal Syariah Indonesia, memotivasi peneliti untuk melakukan sebuah penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh OS, CS, P, CG, CGo, EM, dan MR terhadap CV melalui KD dan KI.

  

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif menggunakan data sekunder yang berasal dari Annual Report, Factbook IDX dan ICMD. Teknik analisis 1) statistik deskriptif dengan metode regresi menggunakan software SPSS versi 25 dan 2) partial least square – structural equation model (PLS-SEM) menggunakan software SmartPLS 3.3.9. Objek penelitian ini merupakan emiten dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian sebanyak 369 emiten syariah dengan sampel berjumlah 71 sampel, sesuai dengan purposive sampling method periode 2015 – 2020.

  

Hasil uji efek mediasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kebijakan dividen dan keputusan investasi tidak berperan penting dalam menentukan perubahan corporate value yang disebabkan oleh perubahan ownership structure 2) tingginya corporate value yang disebabkan oleh tingginya ownership structure sangat ditentukan oleh kebijakan dividen dan keputusan investasi 3) kebijakan dividen dan keputusan investasi berperan penting dalam menentukan rendahnya corporate value yang disebabkan oleh tingginya profitability 4) tingginya corporate value yang disebabkan oleh tingginya corporate growth merupakan peran penting dari kebijakan dividen. Sedangkan keputusan investasi tidak berperan penting dalam menentukan perubahan corporate value yang disebabkan oleh perubahan corporate growth 5) rendahnya corporate value yang disebabkan oleh tingginya corporate governance merupakan peran penting kebijakan dividen dan keputusan investasi 6) kebijakan dividen dan keputusan investasi tidak berperan penting dalam menentukan perubahan corporate value yang disebabkan oleh perubahan earning management 7) kebijakan dividen dan keputusan investasi tidak berperan penting dalam menentukan perubahan corporate value yang disebabkan oleh perubahan market risk. Hasil uji efek langsung sesuai dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) tingginya kebijakan dividen sangat berperan dalam meningkatkan corporate value 2) tingginya keputusan investasi sangat berperan dalam meningkatkan corporate value.

  

Untuk penulisan disertasi dalam metode penelitian kuantitatif, sebenarnya cukup empat variable saja. Namun demikian, Dr. Tajus Subqi justru meneliti sebanyak 9 (sembilan) variable. Hal ini tentu perlu untuk diapresiasi. Keberanian untuk mengkaji enam variable bebas, dua variable antara dan satu variable terikat adalah pilihan pekerjaan yang relative menyita waktu dan kemampuan.

  

Penelitian ini menarik sebab mengkaji ekonomi syariah (pasar modal syariah) dengan pendekatan teori-teori ekonomi konvensional. Misalnya teori agensi Jensen dan Mackling, trade off theory Myers dan Majluf,  dan dividend signalling theory Bhattacharya. Kajian seperti ini akan memperkaya teori tentang ekonomi syariah. Oleh karena itu, ke depan mungkin perlu diperdalam beberapa variable yang tidak berkorelasi secara langsung dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Disertasi  ini dapat dikategorikan  sebagai kajian Integrated Islamic Studies.

  

Wallahu a’lam bi al shawab.